• Kategori

  • Archive

  • Translator

  • Free counters!
  • Anda yang ke :

Tips: Membersihkan Layar LCD Anda Secara Aman Dan Mandiri

Di jaman yang sudah serba modern dan maju ini, menggunakan layar LCD sebagai pengganti layar tabung konvensional adalah pilihan yang sudah lumrah dan mulai dilirik orang. Selain karena secara fisik layar LCD memang terkesan ringkas, ringan dan sedap dipandang mata dibandingkan dengan layar tabung, dari segi ekonomis juga sangat membantu karena layar LCD tidak boros daya listrik layaknya saudara tuanya, monitor dengan teknologi tabung konvensional.
Namun, berbeda dengan layar tabung konvensional yang terbuat dari bahan gelas dan tebal, LCD memang terbuat dari material yang tipis dan mudah pecah. Piranti yang menggunakan tekhnologi LCD (termasuk laptop, LCD monitor, LCD TV) memang perlu perhatian khusus dalam penanganannya, terutama saat kita ingin membersihkan permukaan layar dari debu atau kotoran yang membandel, harus ekstra hati-hati karena cukup beresiko. Salah sedikit saja, LCD bisa tergores permanen atau malah yang terparah: pecah.

Namun, beresiko tinggi bukan berarti kita bisa membiarkan saja layar LCD menjadi kotor tanpa dibersihkan karena takut salah dan rusak, karena ada cara tersendiri untuk bisa kita ikuti dalam membersihkan layar LCD dari kotoran. Praktis dan aman tentunya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa mulai Anda lakukan untuk membersihkan layar LCD:

  1. Siapkan larutan perbersih khusus layar LCD (Anda bisa membelinya di toko-toko komputer dalam bentuk LCD cleaner kit).
  2. Jika Anda kesulitan mendapatkan LCD cleaner kit, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan air hasil sulingan. Tetapi jika layar LCD yang akan dibersihkan sudah dalam taraf sangat kotor, dianjurkan untuk mencampur air hasil sulingan ini dengan cuka putih (perbandingannya 50:50) agar bisa lebih efektif.
  3. Siapkan kain katun yang sangat lembut atau kaos/T-shirt lama. Usahakan untuk mendapatkan potongan kain yang cukup lebar, karena akan membantu mengurangi risiko meninggalkan bercak di layar akibat dari tekanan jari.
  4. Matikan laptop, komputer atau TV LCD Anda sebelum membersihkan layar.
  5. Rendam kain dalam cairan pembersih, lalu peras sepenuhnya agar kain lembab tetapi tidak basah.
  6. Seka permukan layar LCD dalam gerakan searah (turun ke bawah) secara lembut, bukan dengan gerakan melingkar. Ulangi langkah ini sampai layar terlihat bebas dari kotoran.
  7. Keringkan layar dengan lap kering yang lembut.

Penting untuk diperhatikan:

  • Jangan menggunakan handuk kertas, tisu atau serbet, karena semua bahan tersebut mengandung serat kayu yang bisa menggores layar.
  • Hanya gunakan kain yang lembut, kering dan bebas benang jahit, atau cleaner kit yang memang dirancang khusus untuk digunakan pada layar LCD.
  • Hindari menggunakan kain bekas karena bisa meninggalkan debu atau kotoran.
  • Hindari menggunakan produk pembersih seperti “Windex” karena mengandung amonia dan dapat menggerus layar.
  • Jangan menggunakan produk yang mengandung alkohol, amonia, atau larutan bereaksi keras lainnya. Juga jangan menggunakan sabun.
  • Jangan menyemprotkan cairan secara langsung pada layar LCD.
  • Hindari menggunakan air PAM atau air sumur, terutama jika air di daerah Anda banyak mengandung mineral.
  • Gunakan tekanan secukupnya saja saat Anda menyeka layar LCD. JANGAN PERNAH menekan dengan keras atau menggosok saat membersihkan layar LCD.
  • Jika Anda ragu, mulailah dengan mencoba membersihkan area kecil dari layar LCD anda terlebih dahulu.

Selamat mencoba.

(Sumber:acarossa.web.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: